MELANJUTKAN BERPIKIR KOMPUTASI
STRUKTUR DATA
Dalam istilah ilmu komputer , struktur data adalah cara menyimpan dan mengatur data secara terstruktur pada sistem komputer atau pangkalan data ( database ) sehingga lebih mudah diakses. Secara teknis, data dalam bentuk angka, huruf, simbol, dan lainnya ini diletakkan dalam kolom-kolom dan susunan tertentu. Contoh struktur data dapat dilihat pada berkas-berkas lembar sebar ( spreadsheet ), pangkalan data, pengolah kata , citra yang dipampat ( gambar terkompresi ), dan pemampatan berkas dengan teknik tertentu yang memanfaatkan struktur data.
Dalam teknik pemrograman , struktur data berarti tata letak data yang berisi kolom-kolom data, baik itu kolom yang terlihat oleh pengguna ataupun kolom yang hanya digunakan untuk keperluan pemrograman yang tidak terlihat oleh pengguna. Setiap baris dari kumpulan kolom-kolom tersebut termasuk catatan ( record ). Lebar kolom untuk data dapat berubah dan bervariasi. Ada kolom yang lebarnya berubah secara dinamis sesuai masukan pengguna, dan juga ada kolom yang lebarnya tetap. Dengan sifatnya ini, sebuah struktur data dapat diterapkan untuk pengolahan data dasar (misalnya untuk keperluan data keuangan) atau untuk pengolah kata yang kolomnya berubah secara dinamis.
DATA TRI
Alasannya karena data pada pohon tidak disimpan secara berurutan. Sebaliknya, data diatur pada beberapa level yang disebut struktur hierarkis. Oleh karena itu, pohon dianggap sebagai struktur data non-linier.
Hierarki pada struktur pohon dapat diibaratkan seperti sebuah pohon keluarga di mana terdapat hubungan antara orang tua dan anak. Titik yang lebih atas disebut simpul induk sedangkan simpul di bawahnya adalah simpul anak.
Struktur data pohon terdiri atas kumpulan simpul atau simpul dimana tiap-tiap simpul dari pohon yang digunakan untuk menyimpan nilai dan sebuah daftar referensi ke simpul lain yang disebut simpul.
Hierarki pada struktur pohon dapat diibaratkan seperti sebuah pohon keluarga di mana terdapat hubungan antara orang tua dan anak. Titik yang lebih atas disebut simpul induk sedangkan simpul di bawahnya adalah simpul anak.
Struktur data pohon terdiri atas kumpulan simpul atau simpul dimana tiap-tiap simpul dari pohon yang digunakan untuk menyimpan nilai dan sebuah daftar rujukan ke simpul lain yang disebut simpul anak atau simpul anak.
Tiap-tiap simpul dari pohon akan dihubungkan oleh sebuah garis penghubung yang dalam istilah teknis disebut edge. Biasanya diimplementasikan menggunakan pointer.
Simpul pada pohon bisa memiliki beberapa simpul anak (child node). Namun, jalan menuju sebuah node anak hanya bisa dicapai melalui maksimal 1 node. Apabila suatu simpul atau simpul tidak memiliki simpul anak yang sama sekali maka disebut simpul daun.
Struktur data ini adalah metode khusus untuk mengatur dan menyimpan data di komputer agar dapat digunakan secara lebih efektif.
Jenis pohon yang paling umum digunakan adalah Binary Tree, dimana sebuah pohon memiliki maksimal 2 node anak.
DATA GRAFIK
Graph adalah jenis struktur data umum yang susunan datanya tidak berdekatan satu sama lain (non-linier). Graph terdiri dari kumpulan simpul yang berhingga untuk menyimpan data dan antara dua buah simpul terdapat hubungan satu sama lain
Simpul pada graf disebut dengan simpul (V) , sedangkan sisi yang menghubungkan antar simpul disebut sisi (E) . Pasangan (x,y) disebut sebagai edge, yang menyatakan bahwa simpul x terhubung ke penutup
Graf di atas terdiri atas 4 buah simpul dan 4 pasang sisi atau tepi. Dengan verteks yang disimbolkan sebagai V, edge yang dilambangkan E, dan graph yang disimbolkan G, ilustrasi di atas dapat ditulis dalam notasi berikut:
V = {0, 1, 2, 3}
E = {(0,1), (0,2), (0,3), (1,2)}
G = {V, E}
Graph banyak digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan nyata, dimana masalah tersebut perlu direpresentasikan atau diimajinasikan seperti sebuah jaringan. Contohnya adalah jejaring sosial (seperti Facebook, Instagram, LinkedIn, dkk)
Pengguna di Facebook dapat dimisalkan sebagai sebuah simpul atau verteks, sementara hubungan persahabatan antara pengguna tersebut dengan pengguna lain direpresentasikan sebagai edge. Tiap tiap verteks dapat berupa struktur yang berisi informasi seperti id user, nama, gender, dll.
Tidak hanya data pengguna, data apapun yang ada di Facebook adalah sebuah simpul atau verteks.Termasuk foto, album, komentar, event, group, story, dll.
Pengguna dapat mengunggah foto. Ketika telah diunggah, foto akan menjadi bagian dari album. Foto juga dapat dikomentari oleh pengguna lain dan mereka dapat saling berbalas komentar.
Semuanya terhubung satu sama lain, baik dalam bentuk hubungan one-to-many, many-to-one, atau many-to-many.
ALGORITMA
B Pengertian Algoritma – Saat ini, Anda mungkin sudah banyak mendengar tentang apa itu algoritma. Ya, algoritma sangat penting dalam dunia pemrograman. Misalnya, ini adalah trik yang digunakan YouTube untuk membantu Anda menonton video yang direkomendasikan YouTube. Cukup menarik bukan?
Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung di dunia teknik komputer pasti mengenal istilah ini. Namun, bagi yang baru menggunakan perangkat ini, tentu tidak jelas mengenai komponen, fitur, dan tujuan penggunaan perangkat ini.
Algoritma tidak hanya digunakan untuk menyelesaikan masalah pada komputer, tetapi juga dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, masalah apa pun yang terkait dengan proses atau langkah prosedural biasanya memerlukan algoritma.
Masalah mudah diselesaikan dengan menggunakan algoritma karena kita mengetahui langkah-langkah logistik dan sistematis yang harus diambil terlebih dahulu. Oleh karena itu, banyak orang telah memecahkan masalah menggunakan algoritma, apakah Anda salah satunya?.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memungkinkan manusia menghasilkan karya yang semakin canggih dan kompleks. Meskipun komputer dapat melakukan perhitungan lebih cepat daripada manusia pada umumnya, komputer tidak dapat memecahkan masalah tanpa diajarkan oleh manusia melalui urutan langkah (algoritma) yang telah ditentukan sebelumnya.
Selain digunakan untuk menyelesaikan masalah oleh komputer, algoritma juga dapat diterapkan untuk menyelesaikan masalah sehari-hari yang membutuhkan serangkaian proses atau langkah-langkah prosedural. Untuk lebih memahami apa itu algoritma, mari kita pelajari apa artinya dari beberapa sumber.
Pengertian umum dari suatu algoritma adalah urutan dari sejumlah langkah logistik dan sistematis untuk memecahkan suatu masalah tertentu.
Beberapa ahli menganggap algoritma sebagai urutan langkah-langkah yang harus diikuti dalam matematika atau perhitungan untuk memecahkan masalah lain, terutama komputer.
Artinya semua susunan logistik yang disusun dalam urutan sistem pembelajaran tertentu dan digunakan untuk memecahkan suatu masalah tertentu, dapat kita katakan seperti sebuah algoritma. F
PENGERTIAN ALGORITMA MENURUT PARA- Menurut Seymour Lipschutz dan Marc Lipson , keduanya penulis buku tentang aljabar dan seorang praktisi matematika dan komputer
Algoritma merupakan suatu daftar langkah demi langkah yang terhingga dari instruksi-instruksi yang terdefinisikan dengan jelas yang dipakai untuk permasalahan tertentu.
- Menurut Marvin Minsky , seorang Ilmuwan di bidang Kecerdasan Buatan ( Artificial Intelligence )
Algoritma adalah kumpulan aturan yang memberitahukan kepada kita dari waktu ke waktu, tepatnya bagaimana kita harus bertindak.
- Menurut David Bolton , seorang praktisi dibidang teknologi asal Australia
Algoritma merupakan sebuah deskripsi suatu prosedur yang berakhir dengan sebuah hasil.
- Menurut Andrey Andreyevich Markov , Matematikawan asal Rusia
Algoritma adalah hal umum untuk dipahami sebagai suatu keputusan yang tepat untuk mendefinisikan proses komputasi yang mengarahkan dari data awal hingga hasil yang diinginkan.
- Menurut Romi Satria Wahono , salah satu praktisi Komputerisasi terbaik dari indonesia pemilik dari situs ilmukomputer.com
Algoritma adalah logika, metode dan tahapan (urutan) sistematis yang digunakan untuk memecahkan suatu hal Permasalahan
EKSPRESI LOGIKA
Ekspresi logika adalah serangkaian satu atau beberapa operan logika dan operator logika. Ekspresi logika dievaluasi menjadi satu nilai logika. Operator dapat berupa salah satu dari berikut ini.
Tabel 3-4 Operator LogikaOperator | Nama Standar |
---|---|
.AND. .OR. .NEQV. .XOR. .EQV. .NOT. | Konjungsi Logistik Ketersediaan logistik (termasuk OR) Ketidakpastian Logistik Logistik EksklusifOR Kesetaraan logistik Negasi logis |
Batasan jangka waktu yang diperlukan.
Dua operator logika tidak dapat muncul secara berurutan, kecuali operator kedua adalah .NOT.operatornya.
Operator logika dievaluasi berdasarkan prioritas berikut:
Tabel 3-5 Urutan Operator LogikaOperator | Hak lebih tinggi |
---|---|
.NOT. .AND. .OR. .NEQV.,.XOR., .EQV. | Paling tinggi
Terendah |
Jika operator logika memiliki prioritas yang sama, mereka dievaluasi dari kiri ke kanan.
Jika operator logika muncul bersama berbagai operator lain dalam suatu ekspresi logika, prioritasnya adalah sebagai berikut.
Tabel 3-6 Prioritas OperatorOperator | Hak lebih tinggi |
---|---|
Hitung Karakter Relasional Logistik | Paling tinggi
Terendah |
Tabel berikut menunjukkan arti dari ekspresi sederhana:
Tabel 3-7 Ekspresi Logika dan MaknanyaEkspresi | Arti |
---|---|
X .AND. Y X .OR. Y X .NEQV. Y X .XOR. Y X .EQV. Y .NOT. X | Keduanya Xbenar Y. Salah satu Xatau Ykeduanya benar. Xdan Ytidak keduanya benar dan tidak keduanya salah. Salah satu Xbenar Y, tapi tidak keduanya. Xdan Ykeduanya benar atau keduanya salah. Logistik negatif. |
Berikut ini adalah sintaks untuk pengugasan nilai ekspresi logika ke variabel logika:
v = t | |
---|---|
Bahasa Inggris: | Ekspresi logika, bilangan bulat antara -128 dan 127, atau konstanta karakter tunggal |
kita | Variabel logika, elemen array, atau bidang rekaman |
Eksekusi pernyataan pengugasan logistik menyebabkan evaluasi ekspresi logistik e dan pengugasan nilai yang dihasilkan ke v . Jika e adalah ekspresi logis, bukan bilangan bulat antara -128 dan 127, atau konstanta karakter tunggal, maka e harus memiliki nilai benar atau salah.
Ekspresi logika dengan ukuran berapa pun dapat ditetapkan ke variabel logika dengan ukuran berapa pun.
Menetapkan angka ke angka logika diperbolehkan. (Semua nilai tidak diperlakukan sebagai .TRUE. , dan tidak dianggap .FALSE. ) Namun, praktik ini tidak standar dan tidak dapat dipindahkantangankan. @
LOGIS B1*1, B2*1 LOGIS L3, L4 B2 = B1 B1 = L3 L4 = .BENAR.A
OPERASI LOGIKA
Definisi Operator Logika
Operator logika digunakan untuk melakukan operasi logika yang akan menghasilkan nilai bertipe Boolean yaitu true dan false. Operator pada operator logika dapat digunakan untuk membandingkan dari dua operan dan ada juga yang dapat membalikan nilai dari sebuah operan. Maka operator akan memperlakukan operan tersebut sebagai Boolean, Dengan ketentuan Jika nilai operan adalah 0 maka akan dianggap sebagai 0 (false) dan jika nilai bukan 0 maka akan dianggap 1 (benar) meskipun nilai bilangan tersebut negatif.
Macam Macam Operator Logika
Simbol Keterangan && Operasi Logika AND // Operasi Logika OR ! Operasi Logika NOT Operator Logika AND (&&)
Operator logika AND digunakan untuk menampilkan dua ekspresi hubungan sebagai operan untuk mendapatkan rasional tunggal. Operasi akan menghasilkan nilai 1 (true) jika kedua operan bernilai 1 (true) tetapi jika salah satu atau keduanya bernilai (false) maka akan menghasilkan nilai (false).
X kamu X dan Y BENAR BENAR BENAR BENAR PALSU PALSU PALSU BENAR PALSU PALSU PALSU PALSU Operator Logika ATAU (||)
Operator logika OR digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih ekspresi relasi untuk mendapatkan hasil rasional tunggal, Operator || dibaca sebagai OR, akan dianggap 1 (benar), bila salah satu ekspresi relasi yang dibandingkan bernilai 1 (benar) dan bila semua ekspresi relasi yang dibandingkan bernilai 0 (salah), maka akan bernilai 0 (salah).
X kamu X // Y BENAR BENAR BENAR BENAR PALSU BENAR PALSU BENAR BENAR PALSU PALSU PALSU Operator Logika TIDAK (!)
Operator logika TIDAK berfungsi membalikan nilai sebenarnya. Jika nilai yang disebutkan bernilai 1 (true) maka akan menghasilkan nilai 0 (false), begitu pula sebaliknya contoh !false, hasilnya: true.
cONTOH : v <- c(TRUE,TRUE, FALSE) t <- c(FALSE,FALSE,FALSE) # Operator && print(v&&t) ## [1] FALSE # Operator || print(v||t) ## [1] TRUE # Operator ! print(!v) ## [1] FALSE FALSE TRUE
Apa itu flowchart – Flowchart adalah diagram alur yang digunakan untuk menggambarkan alur proses atau logika dari suatu sistem. Flowchart menggunakan simbol-simbol standar untuk menunjukkan aktivitas, kondisi, dan alur logika dari proses yang digambarkan. Flowchart dapat digunakan dalam berbagai bidang, seperti pengembangan perangkat lunak, perencanaan bisnis, dan proyek manajemen.
Dengan adanya flowchart ini akan memudahkan seseorang dalam menganalisis suatu hal, seperti pendapatan yang diperoleh dalam suatu perusahaan atau dalam menyusun suatu strategi. Bagi banyak orang mungkin sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan flowchart.
Flowchart adalah sebuah diagram yang menggambarkan alur proses atau alur logika suatu sistem. Flowchart menggunakan simbol-simbol standar untuk menunjukkan aktivitas, kondisi, dan alur logika dari proses yang digambarkan. Flowchart dapat digunakan dalam berbagai bidang, seperti pengembangan perangkat lunak, perencanaan bisnis, proyek manajemen, desain sistem, dan lain-lain.
Flowchart dapat membantu dalam menentukan alur proses, menemukan kesalahan atau kekurangan dalam sistem, dan meningkatkan efisiensi suatu proses. Flowchart juga dapat digunakan untuk menjelaskan bagaimana suatu sistem bekerja pada orang yang tidak familiar dengan sistem tersebut. Flowchart dapat dibuat menggunakan software khusus atau dibuat secara manual menggunakan simbol-simbol standar.
Flowchart dokumen
Pertama ada flowchart dokumen ( document flowchart ) atau bisa juga disebut dengan paperwork flowchart . Flowchart dokumen berfungsi untuk menelusuri bentuk alur dari satu bagian ke bagian yang lain, termasuk bagaimana laporan diproses, dicatat, dan disimpan.Flowchart program
Selanjutnya kita akan membahas flowchart program. Flowchart ini menggambarkan secara rinci prosedur dari proses program. Flowchart program terdiri dari dua macam, antara lain: flowchart program logika ( gram logika program ) dan flowchart program komputer terinci ( flowchart program komputer rinci ).Flowchart proses
Flowchart proses adalah cara menggambarkan rekayasa industri dengan cara menganalisis dan menganalisis langkah-langkah selanjutnya dalam suatu prosedur atau sistem.Diagram alur sistem
Yang keempat ada diagram alur sistem. Flowchart sistem adalah flowchart yang menampilkan tahapan atau proses kerja yang sedang berlangsung di dalam sistem secara menyeluruh. Selain itu flowchart sistem juga menguraikan urutan dari setiap prosedur yang ada di dalam sistem.Flowchart skematik
Terakhir ada flowchart skematik. Flowchart ini menampilkan alur prosedur suatu sistem, hampir sama dengan flowchart sistem. Namun, ada perbedaan dalam penggunaan simbol-simbol dalam menggambarkan alur. Selain simbol-simbol, skematik flowchart juga menggunakan gambar-gambar komputer serta peralatan lainnya untuk mempermudah dalam membaca flowchart untuk orang awam.6.FLOWCHART DATA
Menunjukkan kontrol dari sebuah sistem aliran
Simbol Flowchart dan Fungsinya
Simbol-simbol dalam flowchart memiliki makna dan fungsi tertentu yang membantu dalam pemahaman alur kerja. Beberapa simbol dasar flowchart meliputi:
1. Simbol Awal (Mulai/Akhir):
Simbol ini menandakan awal dan akhir dari suatu proses atau algoritma. Biasanya direpresentasikan dengan bentuk oval atau persegi panjang dengan tepi melengkung.
2. Simbol Proses:
Simbol ini digunakan untuk menunjukkan langkah-langkah atau tindakan yang harus dilakukan dalam proses. Umumnya direpresentasikan dengan bentuk persegi panjang.
3. Simbol Keputusan (Keputusan):
Simbol ini menunjukkan titik keputusan dalam alur kerja yang memerlukan pilihan ya atau tidak. Biasanya direpresentasikan dengan bentuk berlian.
4. Simbol Input/Output:
Simbol ini digunakan untuk menunjukkan input atau output data dalam proses. Biasanya direpresentasikan dengan bentuk paralelogram.
5. Simbol Penghubung (Konektor):
Simbol ini digunakan untuk menghubungkan bagian-bagian flowchart yang terpisah. Biasanya direpresentasikan dengan garis lurus atau panah. G
Comments
Post a Comment